Prilaku konsumen dan cakupan ilmu pengetahuan konsumen
Prilaku konsumen adalah proses dan aktifitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian , pemilihan , pembelian , penggunaan serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan .Prilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian . Untuk barang berharga jual rendah proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah sedangkan barang berharga jual tinggi proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang
Cakupan ilmu prilaku konsumen
Perilaku konsumen merupakan ilmu yang relative baru dibandingkan ilmu yang lain. Ilmu ini berkembang ketika konsep pemasaran banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan. Kompelksnya perilaku konsumen dan perlunya memahami konsumen mendorong ilmu ini dalam berkembangnya memerlukan ilmu-ilmu lain yang terkait yang memungkinkannya mampu menjelaskan perilaku konsumen dengan lebih baik. Ilmu lain yang telah memberikan sumbangan pemikiran bagi studi perilaku konsumen antara lain :
a. Sosiologi : memberikan sumbangan dalam mempelajari kekuatan social yang mempengaruhi konsumen, seperti konsep struktur social, keluarga, kelas social, etnis, gender dan gaya hidup yang dapat mempengaruhi perilaku individu maupaun kelompok.
b. Antropologi : Memahami fenomena konsumen ritual, mitos, symbol dan aspek budaya lainnya.
c. Ekonomi : membantu dalam memberikan pemahaman tentang keterkaitan antara kebijakan harga dengan respon perilaku konsumen serta adanya perbedaan perilaku konsumen.
d. Psikiologi : memahami proses psikiologi yang sifatnya belajar, sikap dan dinamika kelompok yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://ikha2705.wordpress.com/2010/10/16/perilaku-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar